Potret Perbankan Syariah


Abstrak
Perbankan syariah di Indonesia mempunyai prospek pertumbuhan yang sangat besar. Dengan pendudukan yang mayoritas muslim, Indonesia berpeluang menjadi platform pusat ekonomi syariah di Asia maupun dunia. perkembangan aset perbankan syariah meningkat sangat signifikan. Tahun 2012, aset perbankan syariah tumbuh sekitar 37%.

Diakui bahwa berbagai persoalan masih menjadi kendala perkembangan ekonomi Islam dan lembaga keuangan Islam di Indonesia. Bank Indonesia dalam membuat regulasi tidak memperhatikan karakteristik khas  bank syariah. Manajemen  bank syariah masih menggunakan pola-pola manajemen bank konvensional. Penentuan margin, fee, dan nisbah  masih menggunakan tingkat suku bunga. Bank syariah yang mempunyai tugas menjalankan pembangunan ekonomi berdasarkan syariah,  pengembangan kesejahteraan masyarakat belum mencerminkan upaya pengembangan kesejahteraan masyarakat. Bank syariah masih belum berani bermain pada pembiayaan untuk investasi sektor riil, terbukti dengan pembiayaan murabahah yang merupakan pembiayaan konsumtif masih mendominasi pembiayaan di bank syariah. Di samping itu sumber daya insani yang secara praksis berkecimpung di lembaga keuangan syariah belum sepenuhnya memiliki kapasitas yang ideal. Kebanyakan baru merupakan sumber daya manusia pada lembaga keuangan konvensional yang kemudian dipoles dengan label syariah.

Metode yang dipergunakandalam studi ini adalah content analisys. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Laporan Perkembangan Perbankan Syariah Bank Indonesia dan statistik perbankan syariah Indonesia.
Berdasarkan analisis isi terhadap Laporan Perkembangan Perbankan Syariah dapat disimpulkan bahwa dalam rangka mendukung pengembangan perbankan syariah, Bank Indonesia perlu melakukan kebijakan yang  difokuskan pada pembiayaan perbankan syariah yang lebih mengarah kepada sektor ekonomi produktif. Kemudian, pengembangan  produk yang lebih memenuhi kebutuhan masyarakat dan sektor produktif. Untuk mengatasi masalah SDM di perbankan syariah ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu  Pertama, mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan Program Studi Ekonomi Islam secara lebih luas. Kedua, memperbanyak riset, studi, dan penelitian tentang ekonomi Islam, baik yang berskala mikro maupun makro. Ketiga, mendorong penulisan kajian dan karya ilmiah melalui penerbitan buku dan jurnal, proseding seminar, lokakarya dan kajian.  Keempat, mewajibkan program magang maupun on the job training kepada para mahasiswa di industri keuangan syariah.  Kelima, sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah sejak dini mulai tingkat SD, SMP, dan SMA.

https://rozalinda.wordpress.com/
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar